Pergelaran wayang kulit dengan lakon murwakala yang dipentaskan oleh dalang ruwat Ki Priyo Darsono, sungkeman, pemotongan rambut, dan siraman merupakan rangkaian tradisi ruwatan murwakala dengan tujuan membersihkan diri atau mensucikan diri agar terhindar dari marabahaya yang dilaksanakan setiap bulan suro penanggalan jawa atau lebih tepatnya 30 Juli 2022 di obyek wisata Kayangan Api Desa Sendangharjo Kec. Ngasem Kabupaten Bojonegoro.


Ruwatan murwakala Kembali dilaksanakan oleh Disbudpar Bojonegoro setelah dua tahun terakhir ini tidak dapat terlaksana karena adanya pandemi covid-19. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada pelaksanaan tahun ini Disbudpar Bojonegoro memberikan ruang bagi masyarakat untuk dapat mengikuti ruwatan secara gratis dengan batasan 50 jenis sukerto.

Semoga dengan dilaksanakan kegiatan tersebut, dapat melestarikan dan mengaktualisasi adat budaya daerah agar menumbuhkan rasa cinta terhadap tradisi dan budaya daerah serta mengenalkan kepada masyarakat luas tentang tradisi di Kabupaten Bojonegoro.


By Admin
Dibuat tanggal 10-08-2022
29 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
50 %
Puas
50 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %